nuzul al-qur’an

PENGERTIAN DAN SEJARAH

Secara bahasa kata “nuzul” berasala dari kata “nazzala” yang berarti “turun/menurunkan” sedangkan al-quran adalah “kitab suci umat muslim”, jadi dapat disimpulkan bahwa “nuzulul qur’an” adalah “saat al-qur’an turun/diturunkan”.

Sedangkan menurut istilah, “Nuzulul qur,an” adalah “suatu momentum di bulan ramadhan yang dianggap saat diturunkannya al-qur’an dan biasanya diperingati oleh kaum muslimin untuk mengenang turunnya al-qur’an”. Penyebutan nuzulul qur’an merujuk kepada sejarah turunnya al-qur’an yang secara bervariatif semua pendapat mengatakan pada bulan romadhan, sebagaimana firman ALLAH SWT dalam surah al-baqarah ayat 185 yang artinya “bulan ramadhon adalah bulan yang di dalamnya di turunkan al-qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembada [antara haq dan bathil]”.

Secara simbolik nabi SAW mengilustrasikan bahwa al-qur’an untuk pertama kali di turunkan dari “lauhul mahfudz” ke “baytil izzah” atau langit dunia pada malam “qadr” di bulan ramadhon.

Mayoriras ulama berpendapat bahwa dari baytil izzah inilah kemudian malaikat jibril AS menurunkannya kepada nabi muhammad SAW secara bertahap selama kurang lebih 23 tahun. Tentang tanggal pastinya, terjadi khilafiah dikalangan ulama, ada yang berpendapat pada malam ganjil di sepuluh malam terakhir bulan ramadhon, ada juga mengatakan pada tanggal 27 ramadhon dan 17 ramadhon. Untuk yang terakhir, mereka bersandar pada surah al-anfal ayat 41 yang merujuk pada peristiwa perang badar yang terjadi pada 17 ramadhon “….jika kamu beriman kepada ALLAH dan kepada apa yang kami turunkan kepada hamba kami [muhammad] di hari furqan, yaitu pada hari bertemunya dua pasukan……”. hal inilah yang menjadi alasan mengapa masyarakat menyelenggarakan acara nuzulul qur’an pada malan 17 ramadhon.

  1. HIKMAH DAN PENGAPLIKASIAN

Hikmah acara nuzulul qur’an diantaranya:

  1. Mengingatkan umat islam kepada kitab sucinya yang mulia yaitu al-quran
  2. Saat yang tepat untuk menyeru kaum muslimin agar kembali kepada al-qur’an dan menjadikannya pedoman dalam menghadapi permasalahan-permasalan dalam hidup
  3. Menjadikan umat islam tidak melupakan sejarah, terutama sejarah turunnya al-qur’an
  4. Dapat dijadikan ajang silaturrahim bagi kaum muslimin dengan berkumpul dan bertemu dalam acara tersebut
  5. Ajang yang tepat untuk memperbaharui pemahaman tentang islam terutama kitab sucinya

Pengaplikasian nuzulul qur’an bisa dilakukan dengan dengan menjadikan al-qur’an sebagai pedoman hidup. Karena al-qur’an telah memiliki solusi atas segala sesuatu dalam kehidupan manusia, dan ia bukan saja kitab yang hanya untuk dibaca namun juga perlu diaplikasikan di kehidupan nyata. Selain itu, meningkatkan aktivitas membaca al-quran, berupaya untuk menghafal ayat-ayat al-qur’an secara serius dan istiqamah kemudian mentadabburi al-qur’an juga termasuk cara tepat dan cerdas dalam mengaplikasikan nuzulul qur’an.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s