Pesanku Untuk Anak Indonesia Di Masa Depan: Setinggi Apapun Prestasimu Dan Seburuk Apapun Nasibmu, Jangan Pernah Lupakan Sejarah Bangsamu

Hy, all of you, how are you? Fine kan. Baguslah. So, saya nulis artikel ini untuk kalian yang ngaku anak Indonesia. Tau nggak kalian tentang sejarah bangsa kita yang penuh dengan tragedi pilu, tentang aksi heroisme para pahlawan demi kemerdekaan yang sekarang kalian nikmati. Kejam banget kalau kalian sampe lupa, atau jangan-jangan kalian gak pernah belajar sejarah, atau mungkin sejarah udah dirubah lagi yah? Tau gak kalian kalau bung karno, presiden pertama kita yang hebat itu pernah bilang “jasmerah= jangan sekali-kali melupakan sejarah”.
Mungkin di antara kalian meresa pengetahuan tentang sejarah tuh udah gk penting. Gak di butuhkan di perusahaan, gak buat bangsa ini maju, gak berlaku lagi di zaman ginian. Atau belajar sejarah gak hasilin banyak uang yang artinya gak merubah hidup yang lagi melarat! Eh jangan salah kalian. Tahu sejarah itu banyak banget manfaatnya loh kawan! Asal kalian gak asal tahu, Cuma nyimpan di memori otak tapi gak pernah di analisis. Jadi gini yah, aku ngasi tau fungsi kita belajar sejarah. Pertama, sejarah itu sebagai motivasi, ya motivasi agar kita gak seperti dulu, motivasi agar kita gak ngulangin kesalahan yang sama. Trus kedua, solusi, jadi, kalau kita tau sejarah kita, kita bakal bisa memberi solusi terhadap permasalahan kita yang berangkat dari sejarah atau pengalaman bangsa kita. Ketiga sebagai petunjuk, ya gak jauh beda sih dengan kedua hal sebelumnya. Sejarah memberi petunjuk yang benar agar tak tersesat dan menyimpang dari tujuan para founding father bangsa besar ini. Yang terakhir atau keempat, sejarah berfungsi sebagai penasehat.
Dengan belajar dan tahu sejarah, bangsa kita tidak akan gegabah dalam suatu kebijakan. Gak sembrono dan gak ceroboh, ia mesti berkaca pada sejarah. Selain itu semua, mengetahui sejarah akan membuat kita bangga dengan bangsa kita, trus akan menumbuhkan rasa nasionalisme, jiwa pejuang dan jiwa-jiwa pemberani. Jadi,setinggi apapun prestasi yang kalian capai, yakinlah, itu gak bakalan tercapai jika dulu para pahlawan kemerdekaan gak ada. Dan bisa-bisa, kalian malah pergi ninggalin bangsa kalian dan mengabdi pada bangsa lain, padahal para pahlawan banyak yang berkorban nyawa agar anak cucunya—ya kalian—bisa bahagian dan tak menderita seperti mereka.
Tapi, seburuk apapun nasib kalian, jangan putus asa. Jika kalian baca sejarah, banyak banget leluhur kita yang hidupnya lebih sengsara, tapi mereka masih punya jiwa membara demi cita-cita mulia, merdeka. Jangan menyerah hanya karena tak punya rumah, biaya hidup mahal dan sebagainya. Tapi berjuanglah memerdekakan diri dari kebodohan, kemiskinan dan raih hidup sejahtera. Merdeka!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s